Buatku, hidup ini tidak lebih penting kecuali memberikan arti bagi kehidupan itu sendiri.saya tidak pernah merasa sudah hidup sebelum bisa menghidupi bagi banyak kehidupan. (Makna Hidup) Sementara kebendaan dan material adalah tempat munculnya kehidupan, dia bukanlah sumber kehidupan. Saya tidak akan pernah bisa hidup tanpa materi (tubuh), and so makan, minum, seks & semua aktifitas kehidupan lainnya. Tapi adanya "saya" menjadi hidup bukanlah untuk materi. (Sarana Hidup)

Saturday, September 16, 2006

Jenderal Israel: Biarkan Warga Yahudi Bunuh Warga Palestina

Shalih An Nuami
“Terjadi proses penyesatan opini yang hebat. Kami membantu warga pemukiman Yahudi melakukan kejahatan terhadap warga sipil Palestina,” tutur jenderal Yuval Bazak, kepala bagian Pengembangan Teori Peperangan di Angakatan Bersenjata Israel dalam sebuah wawancara di situs Yediot Aharonot.
Bazak menegaskan bahwa sikap serdadu Israel puluhan tahun yang membiarkan warga Yahudi melakukan kekerasan dan kejahatan terhadap sipil Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat menyebabkan para warga Yahudi itu bebas hukum. Bazak menegaskan bahwa hukum yang berlaku di Tepi Barat selama ini adalah hukum rimba. Perasaan warga Yahudi semacam ini menurut Bazak adalah akibat hubungan antara mereka dengan pasukan Israel tidak normal. Serdadu Israel tidak menganggap warga pemukim Yahudi sebagai pihak bertanggungjawab dalam hukum. Kedua pihak bahkan sangat berteman akrab. Sehingga apapun permusuhan dan kekerasan yang dilakukan oleh warga pemukim Yahudi di Tepi Barat tidak pernah dihalangi bahkan ditutup-tutupi. Jangankan menghalangi, untuk melakukan upaya hukum dan membubarkan organisasi yahudi pun tidak ada gerak sama sekali.
Bazak pun tidak mau menuntut militer Israel agar menghilangkan permukiman yahudi di seluruh wilayah Tepi Barat tanpa sepengetahuan pemerintah zionis. Apalagi militer Israel sebenarnya yang turut membangun permukiman itu.
Bazak menegaskan, masalah permukiman Yahudi bagi sebagian partai menjadi komoditas mereka di parlemen Knesset. Sehingga para warga Yahudi bebas melakukan aksi mereka tanpa membayar dengan apapun.
Namun Bazak tetap mengkritik perangkat hukum Palestina yang menganggap remeh masalah kejahatan yang dilakukan oleh warga pemukim Yahudi. Bazak juga mengecam pengadilan-pengadilan Israel yang hanya menghukum denda uang rendah dari pada memenjarakan mereka padahal kasusnya adalah pembunuhan terhadap warga Palestina. Sementara pada saat yang sama, pengadilan Israel menvonis penjara dalam waktu yang sangat lama untuk warga Palestina yang hanya melempar batu ke arah warga Yahudi. (atb)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home